Cara sablon plastisol blok glossy - BIANKLADI PRODUCTION

Saturday, July 21, 2018

Cara sablon plastisol blok glossy

cara sablon tinta sablon dan tinta plastisol semua sama, hanya beda tinta yang digunakan dan finishingnya saja. Tinta ruber adalah tinta sablon berbasis air (water based), sedangkan tinta plastisol adalah tinta sablon berbasis minyak (oil based).

http://go.pub2srv.com/afu.php?zoneid=1871773

Berikut Tahapan sablon kaos manual menggunakan tinta Plastisol :

1.     Tahap pertama adalah oleskan obat afdruk / emulsi film pada permukaan screen. Anda bisa menggunakan spatula atau sendok plastik yang tipis untuk meratakan emulsi film ke seluruh permukaan screen. Pastikan ada bagian screen yang tidak terlapisi emulsi film kira-kira selebar 1 – 2 inch dari frame. Untuk mengoleskan emulsi film ini harus dilakukan di ruang gelap.
2.      Gunakan coater untuk meratakan emulsi film di permukaan screen agar ketebalannya sama dan seragam. Biarkan beberapa menit hingga emulsi film mengering.
3.      Print gambar desain yang akan disablon. Desain yang diprint harus hitam putih, resolusi gambar dibuat sebaik mungkin.
4.      Desain yang telah diprint letakkan pada screen yang telah diolesi emulsi film dan telah kering. Pastikan kertas desain melekat rata tidak menggelembung, tidak berkerut dan tidak terlipat karena akan mempengaruhi hasil desain yang dibuat filmnya pada screen.
5.      Timpa kertas desain yang menempel pada screen dengan busa dan pemberat yang rata.
6.      Tutup screen, busa dan pemberat dengan plastik sampah warna hitam. Karena dengan menggunakan plastik sampah mempermudah daam membersihkan tempat kerja, karena emulsi film yang berceceran di plastik sampah tinggal dibuang saja, sehingga tidak mengotori tempat kerja.
7.      Nyalakan lampu UV atau lampu neon dan biarkan menyala sekitar 10 menit.
8.      Cuci screen yang telah dipanasi dengan hati-hati. Pada saat membersihkan bagian yang bukan gambar desain emulsi filmnya tetap melekat, sedangkan bagaian gambar desain emulsi filmnya akan rontok, dibagian ini lah tinta plastisol akan masuk ke kaos.
9.      Setelah dicuci biarkan screen kering.
10.  Tutup bagian-bagian berlubang yang tinta tidak diperbolehkan keluar ke kaos, terutama bagia yang dekat dengan frame yang memang tidak dilapisi emulsi film. Untuk menutup screen ini gunakan tape yang biasa digunakan untuk mengecat.
11.  Kunci screen ada meja sablon.
12.  Letakkan kaos pada meja sablon. Pastikan kaos dalam kondisi rata dan cukup kekencangannya, kaos jangan sampai terlipat dan ada tonjolan atau bergelombang. Karena hal ini bisa mempengaruhi kualitas hasil sablon.
13.  Turunkan screen.
14.  Keluarkan tinta plastisol ke screen sepanjang desain yang akan dicetak. Aduk dan padatkan tinta plastisol diatas screen, sepanjang desain
15.  Tarik tinta plastisol sepanjang screen menggunakan squeege. Berikan tekanan secukupnya agar tinta yang keluar dan melekat pada kaos sesuai dengan desain yang diinginkan.
            16.Setelah proses sablon selesai khusus tinta plastisol memerlukan pemanasan agar tintanya kering. Panas yang diperlukan sekitar 170oC, dengan menggunakan pemanas khusus seperti curing / flash dryer atau hotgun
            17.Untuk Proses finishing harus menggunakan mesin press atau setrika, siapkan kertas HVS polos dan plastik astralon yang akan kita gunakan untuk melapisi hasil sablon ketika di press agar hasil sablon halus dan glossy

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya

Jangan sungkan untuk bertanya, silahkan komentar dibawah ya sob :)